Selasa, 21 Juni 2011

250.000 Buku Antik Siap Online

Kerjasama The British Library dan Google


LONDON, (PRLM).- Sekitar 250.000 buku akan dimasukan secara online berdasarkan kesepakatan antara The British Library dan Google. Demikian seperti dikutip Orange, Senin (20/6).

Karya-karya yang dibuat pada sekitar tahun 1700 dan 1800 yang memiliki hak cipta akan dipilih oleh perpustakaan untuk di terbitkan secara digital oleh Google.


Di antara karya yang pertama dimuat secara online adalah pamplet mengenai ratu Perancis Marie Antoinette dan penemu kapal selam pertama di dunia yang berkebangsaan Spanyol bernama Narsisco Monturiols

Kepala perpustakaan Damme Lynne Brindley mengatakan, di abad 19 itulah di saat ambisi kami untuk memberi akses bagi setiap orang untuk mengetahui semua informasi di dunia. Untuk memberikan pengetahuan yang tak terbatas untuk ia yang menciptakan perpustakaan pribadi.

“Cara untuk melakukan itu adalah kita membeli buku-buku dari seluruh dunia dan kita menciptakan satu sarana untuk membaca bagi mereka," katannya.

Brindley mengaku senang bisa bermitra dengan Google di dalam proyek ini. "Melalui kemitraan ini, kita membangun sebuah tradisi yang membanggakan yaitu memberi akses bagi siapapun, di manapun dan kapanpun. Tujuan kami adalah untuk menyediakan akses terus menerus mengenai bahan sejarah. Dan kami berharap koleksi kami dapat ditambahkan dengan pengetahuan Google untuk menciptakan tujuan ini," jelasnya.

Buku- buku bisa diakses secara online melalui Google books dan di situs The British Library.

Direktur hubungan eksternal Google, Peter Barron mengatakan, kekuatan mengenai kemampuan teknologi bukan hanya kemampuan untuk melestarikan sejarah dan kebudayaan, melainkan juga kemampuan untuk membawa manusia menuju pola hidup yang baru.

"Hak bahan publik ini adalah bagian penting dari warisan dunia dan kami bangga bisa berkerja sama dengan Perpustakaan Inggris untuk memberi wawasan bagi jutaan masyarakat Inggris dan luar negri," kata Barron.

Sumber: Buku Antik siap OL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar